Selasa, 17 Maret 2015

Penalaran

            Dalam bahasan kali ini kita akan membahas tentang penalaran, dalam kehidupan seharihari secara tidak sengaja seringkali kita melakukan penalaran dalam diri kita masingmasing, entah itu dalam mengamati sebuah kejadian di depan mata kita, sampai dalam melakukan tugas karangan saat di sekolah atau di kampus.

            Berikut ini adalah definisi penalaran dari berbagai sumber yang tidak lain adalah :

1.      Bakry (1986:1) menyatakan bahwa penalaran atau reasoning merupakan suatu konsep yang paling umum menunjuk pada salah satu proses pemikiran untuk sampai pada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui.

 

2.      Suriasumantri (2001:42) mengemukakan secara singkat bahwa penalaran adalah suatu aktivitas berpikir dalam pengambilan suatu simpulan yang berupa pengetahuan.

 

3.      Keraf (1985:5) berpendapat bahwa penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, menuju kepada suatu kesimpulan.

 

Dari beberapa definisi dari beberapa pendapat ahli tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penalaran adalah proses berpikir manusia dengan menghubungkan data – data yang ada secara sistematis dan menuju suatu kesimpulan berupa pengetahuan. Dengan arti lain penalaran merupakan proses berpikir untuk menuju suatu kesimpulan yang logis.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar